by

KPK Mundur Luar Biasa, ICW Desak Firli Bahuri Mundur

-Hukum-57 views

Hallo.id, Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) mendorong Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengundurkan diri dari pimpinan lembaga antirasuah. Sebab, ICW menilai narasi yang dibangun Firli mengenai komitmen pemberantasan korupsi seperti “jauh panggang dari api”.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mencontohkan kasus suap pengurusan PAW anggota DPR dari PDIP yang menjerat Politikus PDIP Harun Masiku, misalnya. Bahkan sampai saat ini belum juga ditangkap.

BACA JUGA :  Darwin Indigo Tak Hadir, Mediasi Fara Luwia dan Tergugat Tidak Mencapai Harapan

“Maka dari itu lebih baik saudara Firli Bahuri mengundurkan diri saja dari struktur Pimpinan KPK,” kata Kurnia kepada awak media, Kamis (12/3/2020).

Ia pun membandingkan penanganan perkara yang menjerat Harun Masiku dengan mantan Bendum Partai Demokrat Muhammad Nazarudin yang bisa ditangkap di Cartagena, Kolombia, dalam jangka waktu 77 hari. Kurnia menduga Firli Bahuri Cs bukan tak mampu menangkap Harun, tetapi memang tidak mau.

BACA JUGA :  4 Respon KPK Terkait Upaya Praperadilan yang Diajukan MAKI atas SP3 Sjamsul Nursalim

“Sudah dua bulan yang bersangkutan (Harun) tidak mampu ditemukan oleh KPK. Bahkan, publik pun tidak mengetahui sudah sejauh mana perkembangan pencarian yang dilakukan oleh KPK,” kata Kurnia.

BACA JUGA :  Polisi Periksa Dirut PT Kimia Farma Diagnosis Soal Alat Uji Antigen Bekas, Simak Terperiksa Lainnya

Kurnia berpendapat KPK di era kepemimpinan Firli Cs mengalami kemunduran yang luar biasa. Terhitung sejak dilantik pada Desember tahun lalu, menurut dia, tak ada prestasi yang mampu Firli Cs torehkan. (kon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.