by

Longsor Sumedang, Pemerintah Seharusnya Beri Peringatan Curah Hujan Tinggi

HALLO – Memburuknya cuaca di awal tahun 2021 ditandai oleh curah hujan yang tinggi di berbagai daerah di Indonesia sejak November 2020 lalu.

Menurut BMKG, bahwa Indonesia, khususnya Pulau Jawa, memasuki puncak musim penghujan antara bulan Januari-Februari 2021.

Anggota Komisi VIII DPR RI Jefry Romdonny pun menyoroti bencana longsor akibat hujan deras seperti yang terjadi di Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu 9 Januari 2021.

Menurut laporan yang diterimanya, belasan warga menjadi korban, kemudian 8 rumah warga tertimbun longsor dan diduga 4 rumah tertimbun beserta penghuninya.

Longsornya tanah di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, dipicu karena curah hujan yang tinggi disertai tanah yang tidak stabil.

“Semoga korban segera ditemukan oleh para relawan yang bertugas. Karena itu perlu kerja sama antara petugas dengan masyarakat untuk mempercepat evakuasi.”

“Kepada keluarga korban yang meninggal semoga diberikan ketabahan oleh Allah,” harap Anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Barat IX meliputi Subang, Majalengka, dan Sumedang itu, melalui pesan singkat yang diterima Parlementaria, Minggu 10 Januari 2021 sore.