by

Mantap, Ada Makan Gratis di Warteg buat Warga yang Terdampak Corona

Hallo.id, Jakarta – Kebijakan stay at home atau aktifitas di rumah saja mungkin tidak masalah bagi warga yang berpenghasilan tetap . Tetapi bagaimana dengan warga yang bekerja serabutan atau mencari nafkah secara informal?

Kordinator Lapangan Komunitas Warteg Nusantara (Korlap Kowantara ) se- Jabodetabek, Sahono Suryadi mengritik pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan solusinya, terutama bagi sebagian besar masyarakat yang pekerjaannya hanya serabutan.

“Ini bicara kemanusiaan, itu di atas segala-galanya, nah seharusnya ini menjadi peran dan tanggung jawab Pemerintah,” kata Sahono didampingi Ahmad dan istrinya pemilik Warteg Ridho Ibu, Jumat (27/3/20) di wartegnya jalan Otista Raya No.56.C. Kampung Melayu Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur.

Dirinya juga terharu, ada pihak yang peduli melawan Corona dengan jalan memberikan makan gratis kepada masyarakat.

“Memang itu benar pak, bukan Hoax beredarnya daftar layanan warteg gratis. Kami yang tergabung dalam wadah Kowantara sebagai anak bangsa yang memberikan solusi layanan makan gratis, bersama ACT ,” kata Sahono

Seperti diketahui, Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat program ‘Operasi Makan Gratis Bersama 1.000 Warteg’ di tengah wabah virus corona di Indonesia. Program ini bekerja sama dengan 1.000 warteg di Jabodetabek untuk menyajikan bantuan makanan siap santap setiap hari.

Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin mengatakan, program ini untuk mengatasi kebutuhan masyarakat yang sedang menjalankan seruan social distancing dari pemerintah.

“Inilah cara kita untuk meyakinkan masyarakat bahwa musibah ini juga menjadi cara untuk memasifkan kebaikan di tengah-tengah wabah. Kami ingin sampaikan bahwa wabah ini telah menggerogoti sendi-sendi perekonomian bangsa, khususnya UMKM,” kata Ahyudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2020). (ich)

Penulis : Ichsan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.