by

Mengapa PDIP Solo Tidak Dukung Putra Sulung Jokowi? Ini Alasannya

Hallo.id, Jakarta – Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, belakangan menunggu restu dan dukung-an dari PDIP untuk maju dalam pencalonan wali kota Solo 2020-2025. Berbagai upaya mempermulus langkah sudah dilakukan. Namun sayang, sejumlah ganjalan ditemui.

Di antaranya soal pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekaroputri yang menyentil. Mega dalam pidatonya menyebut soal kader yang memaksa anaknya mengikuti Pemilu. Terbaru adalah kemantapan sikap DPC PDIP Solo, yang justru mantap dukung pasangan lain Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa (Puguh), bukan Gibran sebagai calon wali kota solo 2020-2025.

Menurut Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo sampai saat ini pengurus dan kader PDIP Solo tetap solid dukung Puguh sebagai wali dan wakil wali kota solo periode baru, bukan putra Jokowi Gibran Rakabuming. Di sela apel Satgas PDIP Solo di Vastenburg Solo, Minggu 8 Maret 2020, Rudyatmo meminta agar kader PDIP Solo tak takut untuk mendukung Puguh.

“Saya yakin bakal pasangan calon Puguh dapat memenangi Pilkada Surakarta (Solo),” ujarnya, disitat Genpi, Senin 9 Maret 2020.

Wali Kota Solo ini dengan tegas menjelaskan alasannya. Dia menyebut kalau Puguh adalah satu-satunya pasangan yang diajukan DPC sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk sudah berdasarkan penjaringan dan penyaringan menggunakan Peraturan Partai Nomor 24/2017.

Maka itu, PDIP Solo yakin kalau pasangan Puguh tak akan tersingkir karena di dukung, kendati ada putra Jokowi, Gibran Rakabuming yang turut maju dalam pencalonan wali kota Solo 2020-2025.

“Kader tetap tegak lurus dengan ketentuan partai. Artinya, tegak lurus mengikuti apa pun keputusan dari Ketua Umum (PDIP Megawati Soekarnoputri),” katanya. (bab)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.