by

Menteri BUMN Erick Thohir : Proyek Strategis BUMN Tetap Jalan

Hallo.id, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin memastikan seluruh proyek strategis BUMN tetap berjalan di tengah pandemi corona. Kendati begitu, Erick mengaku tengah memetakan sejumlah proyek yang tetap berjalan dan proyek-proyek yang dapat ditunda sementara waktu.

“Saya ingin memastikan semuanya jalan, karena itu kita berbagi tugas kemarin dengan Kepala BKPM untuk izin, masalah-masalah lapangan, saya minta Kepala BKPM mendukung,” ujar Erick saat konferensi digital dengan media di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Namun, untuk pengambilan keputusan dalam proses bisnis perusahan, kata Erick, tetap menjadi kewenangan Kementerian BUMN sebagai pengelola BUMN. Erick menyebut satu proyek strategis yang tetap berjalan ialah program 35 ribu megawatt (MW).

Meski terjadi pelambatan kebutuhan listrik saat ini, Erick meyakini pertumbuhan listrik terus akan meningkat, terlebih banyak konversi dan kebutuhan yang dulu fosil menjadi listrik seperti kendaraan listrik atau kebutuhan industri yang akan terus meningkat ke depan.

Erick menyebut penguatan sektor kelistrikan menjadi penting dan memiliki potensi besar bagi Indonesia. Pasalnya, banyak negara mulai menargetkan beberapa negara untuk supply chain atau rantai pasokan.

“Ini menjadi potensi untuk bangsa kita mengalihkan beberapa industri sekarang. Di seluruh dunia sekarang bicara supply chain, pasti mereka tidak mau lagi hanya terfokus di satu negara, China misalnya, atau Indonesia atau India,” ucap Erick.

Kata Erick, Indonesia jangan terlena dalam menyiapkan infrastruktur kelistrikan. Erick menilai kebutuhan listrik nantinya juga akan mengalami peningkatan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan listrik dari sektor industri.

“Makanya kita bilang seluruh proyek strategis harus tetap jalan untuk antisipasi, nanti jangan sampai ekonominya yang lain kembali, kita masih stagnan karena kita telat mengantisipasi,” ucap Erick.

Erick juga mewanti-wanti kepada perusahaan-perusahaan BUMN untuk melakukan konsolidasi, efisiensi, dan menjalankan proses bisnis yang tata kelola perusahaan yang baik, serta melakukan proses bisnis yang benar bukan berdasarkan proyek semata atau project based.

“Kalau project based yang sudah-sudah banyak salahnya, tapi kalau kita mikir secara ekosistem secara menyeluruh itu mengurangi risiko proyek-proyek yang tidak dibutuhkan, ini sudah kita lakukan,” kata Erick. (rep)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.