by

Statemen Menteri Era SBY, Siapkan Rp 1.600 Triliun Baru Bisa Bikin Tenang

Hallo.id, Jakarta – Mantan Menteri Perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Gita Wirjawan mengingatkan, pemerintah harus mengumumkan bahwa mereka telah menyiapkan uang sebanyak Rp 1.600 triliun untuk mengantisipasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh wabah virus corona jenis baru atau COVID-19.

“Kalau menurut saya best line-nya itu (uang yang harus disiapkan pemerintah harus sebanyak)  adalah Rp 1600 triliun,” katanya dalam diskusi Lets Talk With Sara, Minggu (19/4/2020).

Dana sebanyak itu kata dia bisa menenangkan masyarakat luas. Utamanya bagi mereka yang terkena dampak langsung dari penyebaran COVID-19.

“Itu akan menenangkan rakyat dan masyarakat luas. Tentunya dengan catatan bahwasanya pemerintah siap dan sudah mengambil langkah untuk bisa siap diri. Dan semakin masyarakat luas atau rakyat itu ditenangkan dengan langkah pemerintah apalagi kapasitas pemerintah. Itu semakin menyejukkan batin,” ujarnya.

Selain menenangkan masyarakat luas, pengumuman pemerintah tentang kesiapan dana yang besar juga menurut dia akan menenangkan para pelaku usaha, termasuk pasar uang.

“Semakin pasar uang itu disejukkan dengan narasi ataupun pengumuman dari pemerintah yang terkait dengan angka yang besar, itu menurut saya akan lebih baik,” tekannya.

Adapun uang sebanyak Rp 1.600 triliun itu harus digelontorkan pemerintah kepada mereka yang membutuhkan atau terdampak langsung. Misalkan kepada masyarakat kecil untuk meningkatkan daya belinya, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar terus bertahan, serta pengadaan keperluan kesehatan. (rri)