by

Menteri Menteri ESDM Arifin Tasrif, Apresiasi Kinerja PLN

Hallo.id, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM, Arifin Tasrif, mengapresiasi kinerja PT.Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero.

PLN saat ini mengusung empat pilar dalam rangka menyongsong industri 4.0 yakni green, lean, innovative, dan costumer focused.

“Saya yakin dengan transformasi PLN bisa mewujudkan bisnis ketenagalistrikan yang lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Arifin melalui keterangannya, Sabtu (24/10/2020).

Arifin mengharapkan transformasi bisnis yang digagas (PT PLN Persero) mampu menciptakan biaya pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik yang lebih efisien, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati listrik. 

Ia  menyarankan, agar PLN meningkatkan konsep pelayanan yang lebih memprioritaskan pelanggan karena kepuasan dan kedekatan dengan pelanggan adalah satu hal yang penting.

“Salah satu konsep yang harus dilakukan manajemen PLN adalah tidak kaku, menerapkan human oriented atau berorientasi manusia,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah berkomitmen untuk mendukung transformasi bisnis yang dilakukan PLN, terutama dalam efisiensi BPP listrik.

Langkah lainnya yang dilakukan adalah pengendalian biaya pembentuk (BPP) baik fixed cost dan fuel cost, pengendalian efisiensi penyediaan tenaga listrik dari pembangkitan melalui pengaturan spesifik fuel consumption pembangkit oleh pemerintah serta sisi penyaluran melalui pengaturan susut jaringan.

Beberapa langkah kebijakan yang sudah diimplementasikan PLN antara lain kebijakan energi primer pembangkit batu bara dan gas, pengaturan harga pembelian tenaga listrik dari IPP berdasarkan BPP, optimalisasi energi mix pembangkitan dengan mengurangi pembangkit BBM.

PT PLN (Persero) sejak awal memiliki tujuan untuk menyelenngarakan usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum.

Penyediaan listrik yang dimaksud adalah dalam jumlah dan mutu yang memadai serta memupuk keuntungan bagi perusahaan yang manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Zulkifli menyatakan, program transformasi PLN yang mencakup empat fokus antara lain:  (1) Lean, memastikan pengadaan listrik yang andal dan efisien; (2)  Green, meningkatkan kapasitas pembangkitan dengan fokus pada EBT, untuk mendukung tercapainya pengadaan listrik yang lebih ramah lingkungan; (3) Innovative, meraih pendapatan dari sumber-sumber baru seperti fiber optic dan Electric Vehicle, dan (4) Customer focused, menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggan dan mengejar target 100 persen elektrifikasi. (inf)