by

Namanya Bukan Lockdown, Pemerintah Siapkan Aturan Karantina Wilayah

Hallo.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, Peraturan Pemerintah (PP) terkait karantina wilayah, akan segera turun.

“Konsep karantina kewilayahan tidak sama dengan lockdown,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini, Jumat (27/3/2020).

Mahfud memastikan tidak akan ada lockdown di Indonesia untuk menghadapi corona. Pemerintah menyusun PP sehingga kebijakan yang diambil daerah untuk melawan virus corona bisa seragam dan terarah.

BACA JUGA :  BNPB Tambah Kekuatan Enam Helikopter untuk Percepatan Penanganan Darurat Bencana NTT

“Rancangan PP-nya sudah ada di Kemenko PMK dan kita tinggal mendiskusikannya lagi. Tapi saya pastikan tidak ada lockdown, melainkan karantina kewilayahan,” tegas Mahfud.

BACA JUGA :  Pemerintah Keluarkan Larangan Bepergian dan Cuti Lebaran bagi ASN, Ini Durasi Waktunya

Mahfud juga menyebut ada daerah yang sudah menyampaikan rencana lockdown ke pusat, namun dengan formatnya belum jelas.

Dalam PP karantina kewilayahan yang akan dikeluarkan nanti akan diatur kapan sebuah daerah boleh melakukan pembatasan gerakan dan bagaimana prosedurnya.

“Apabila nanti yang dibatasi itu seumpamanya terjadi karantina wilayah nanti tentu saja tidak boleh ada penutupan lalu lintas jalur terhadap mobil atau kapal yang membawa bahan pokok. Jadi mobil yang membawa bahan pokok, sembako dan lain-lain, kapal juga dari luar daerah itu tidak boleh ditutup aksesnya,” kata Mahfud. (bud)

BACA JUGA :  Kabar Duka Cita, Ayahanda Wartawan Senior Budi Purnomo Telah Tiada

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.