Bir Peletok Khas Betawi, Mujarab Sembuhkan Masuk Angin

Bir Peletok Khas Betawi, Mujarab Sembuhkan Masuk Angin
Bir Peletok Khas Betawi, Mujarab Sembuhkan Masuk Angin.
Jumat | 26 Agustus 2016 | 13.10 WIB

Hallo.id, Jakarta – Bir Pletok Mpok Kinung adalah minuman kesehatan khas Betawi yang terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi.

Dengan khasiatnya menghilangkan masuk angin, badan pegal linu dan cocok banget di kosumsi oleh warga betawi ini, ternyata dalam roses pembuatannya sangat mudah, tidak menggunakan bahan kimia.

Ramuan Bir Pletok Mpok Kinung sudah sangat masyhur dikalangan etnis Betawi. Diberbagai even di Jakarta, seperti Lebaran Betawi beberapa minggu yang lalu turut mendapatkan penghargaan dari panitia pelaksana kegiatan lebaran betawi.

Zikri selaku warga aceh yang berada di Jakarta, selalu mengkonsumsi Bir Pletok, khasiatnya cukup untuk membantu kesehatan tubuh. “Bir Pletok Mpok Kinung top deh,” katanya sambil tersenyum.

Proses pembuatan nya sangat mudah, cukup dengan campuran bahan-bahan khusus di masak dengan air. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat, bisa juga ditambah dengan es lebih nikmat.

Bir Pletok Mpok Kinung kini telah Hadir di Pelataran Taman Ismail Marzuki. (chy/hlb)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.