Ini Tips Beli Mobil Klasik Berkualitas dengan Bujet Terbatas

Ini Tips Beli Mobil Klasik Berkualitas dengan Bujet Terbatas
mobil-klasik
Selasa | 22 November 2016 | 11.4 WIB

Beberapa orang bermimpi memiliki mobil klasik. Tetapi banyak diantara mereka yang khawatir akan kualitas dan nilai jual kemudian dari mobil tersebut. Bagi seorang kolektor mobil, mobil apapun tentu dapat dibeli. Orang-orang selalu mengatakan: “Belilah mobil terbaik yang Anda mampu, yang bagus, yang terawat.”. Ya itu benar, jika Anda kaya.

Namun jika bujet Anda terbatas, Anda tidak perlu membeli permata yang paling berkilau diantara yang lainnya, tetapi Anda bisa menemukan permata terbaik yang belum diasah. Berikut tips membeli mobil klasik, beberapa diantaranya dikutip dari nasihat kolektor mobil ternama dunia, Jay Leno seperti dilansir Carmudi Indonesia :

Jangan Mencari dengan Hanya Fokus ke Satu Model

Banyak orang bermimpi bisa tidak sengaja menemukan mobil klasik yang langka. Di garasi yang diabaikan, di pinggir jalan yang terpencil atau di rumah yang tidak lagi dihuni pemiliknya. Tetapi kenyataannya itu hanyalah mimpi yang tidak sering menjadi nyata.

Pengalaman sejumlah orang menyebutkan jika Anda sedang mencari mobil klasik, tetapi tidak memiliki model tertentu yang menjadi incaran, Anda justru memiliki kemungkinan besar untuk menemukan mobil yang benar-benar sesuai dengan budget dan keinginan Anda.

Jangan kecewa jika apa yang Anda temukan bukan mobil langka atau buruan kolektor. Pada dasarnya semua mobil klasik menyenangkan untuk dikendarai. Mobil-mobil lawas ini dapat memberikan Anda sebuah pengalaman berbeda yang tidak dapat disamakan dengan menyetir mobil modern.

Sabar dan Menjadi Seperti Detektif

Dalam berburu mobil klasik, Anda harus sabar. Bahkan ada kalanya Anda harus menjadi seperti detektif dalam mencari mobil, atau seperti mencari di toko barang antik. Jika ada mobil yang seperti tidak lagi dihiraukan pemiliknya, cari tahu mengapa mobil tersebut diabaikan begitu saja atau mengapa pemiliknya seakan tidak peduli lagi dengan mobilnya. mencari harga pasaran mobil biasanya akan sia-sia karena pasaran mobil tua/klasik gelap.

Dengan metode ini, kemungkinan untuk menemukan mobil terbaik dengan harga yang oke menjadi lebih besar. Dengan cara ini juga, Anda juga ‘membeli’ cerita dibalik mobil tersebut. Kadang sesuatu bisa terasa lebih tinggi harganya jika memiliki cerita yang menarik di belakangnya.

Cek kondisi mobil secara detail karena biasanya karat berada di bagian yang tidak terdugaCek kondisi mobil secara detail karena biasanya karat berada di bagian yang tidak terduga

Beli Sesuatu yang Berstatus ‘Bargain’

Tips ini berguna ketika Anda sedang dihadapkan pada dua pilihan. Misalnya mobil pilihan pertama adalah sebuah Datsun Fairlady 240Z lawas dalam kondisi ‘bahan’. Sementara pilihan kedua adalah sebuah Corolla DX ‘mint condition’.

Situasinya adalah banderol kedua mobil tidak berbeda jauh. Tetapi tentu akan lebih ‘aman’ membeli Corolla DX dengan kondisi jadi, ketimbang harus bersusah payah membangun 240Z dari nol. Tetapi 240Z memiliki status kolektor yang lebih tinggi ketimbang DX. Banderolnya juga bukan tidak mungkin menjadi berkali-kali lipat di kemudian hari, meskipun proyek restorasinya mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun karena bujet yang terbatas.

 

Pada akhirnya, Anda bisa berkata bangga pada dunia bahwa Anda membeli 240Z. Satu dari hanya segelintir orang di Indonesia.

Berkenalan dengan Banyak ‘Orang Tua’

Apa hubungannya memiliki banyak kenalan orang tua dengan membeli mobil klasik? Jawabannya simpel. Mereka juga pernah muda seperti Anda dan mungkin juga seorang penggila mobil. Temui mereka, berkenalan, tanyakan apakah punya kenalan yang memiliki mobil klasik atau bahkan bukan tidak mungkin mereka memiliki satu di garasi.

Bukan tidak mungkin pula mereka memiliki proyek mobil yang terabaikan dan jika Anda beruntung, Anda bisa melanjutkan proyek tersebut. Who knows?

Antara Kepuasan dan Banderol Harga

Nah para orang tua yang disebut diatas memiliki kemungkinan memberi harga yang lebih rendah, ketimbang kolektor atau anak muda. Mengapa? Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa masa-masa mereka untuk merawat mobil sudah selesai.

Mereka biasanya mau memberikan harga yang lebih rendah, jika mereka merasa Anda adalah orang yang tepat untuk melanjutkan merawat kesayangan mereka dan membuat mereka puas karenanya. Pengetahuan luas akan mobil tersebut biasanya menjadi langkah pertama dan paling penting untuk merebut hati mereka.

Banyak orang yang rela melihat mobil kesayangannya pergi bersama Anda, Anda hanya harus menjadi orang yang tepat untuk memilikinya dan mencari orang yang tepat yang mau menjualnya.

Selamat mencoba!

 


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.