Mari Hadirkan Mudik yang Aman untuk Rakyat
Mari Hadirkan Mudik yang Aman untuk Rakyat
Senin | 19 Juni 2017 | 14:28 WIB

Hallo.id, Jakarta – Minggu ini bangsa Indonesia akan melaksanakan hajatan besar yakni mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017. Semua tentu berharap mudik akan berjalan lancar tanpa adanya korban.

Demikian ungkap M. Nizar Zahro, Ketua Umum Pimpinan Pusat Satuan Relawan Indonesia Raya dalam keterangan persnya hari Minggu(18/6/2017) di Jakarta.

Menurut data, bahwa tahun ini jumlah pemudik mencapai 19 juta orang, meningkat hampir 5 persen bila dibandingkan dengan mudik Lebaran tahun lalu. Mobilitas yang sangat besar ini membutuhkan pengaturan yang komprehensif dengan melibatkan berbagai unsur terkait.

Pemerintah sejak awal sudah menyatakan telah melakukan persiapan yang matang menyambut arus mudik. Diantara yang menonjol adalah dioperasikannya tol fungsional untuk memecah kemacetan di titik-titik yang tahun lalu terjadi kemacetan akut.

Tentu yang terpenting adalah meminimalisasi terjadinya korban. Belajar dari mudik tahun lalu setidaknya ada korban 12 pemudik meninggal karena terjebak dalam kemacetan parah di tol brexit (tol Brebes Timur), dimana saat itu tol tersebut baru pertama kali dioperasikan dengan fasilitas yang terbatas.

Oleh karena itu, menyikapi arus mudik 2017, kami Pimpinan Pusat Satria yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra menghimbau :

1. Pemerintah untuk terus memantau jalannya mudik, para aparat harus berjaga-jaga di titik yang dibutuhkan, jangan sampai kasus tol Brexit tahun lalu terulang kembali.

2. Khusus untuk tol fungsional yang tahun ini dioperasikan harus disediakan fasilitas yang memadai meliputi tempat peristirahatan, pengisian SPBU, rambu-rambu dan aparat yang cukup.

3. Kepada para pemudik untuk mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan yang prima, mematuhi rambu-rambu dan arahan aparat.

Mari hadirkan mudik yang aman untuk rakyat, semoga selamat sampai tujuan, sehingga bisa bersilaturahmi dan merayakan Lebaran dengan sanak keluarga di kampung halaman. (mis)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.