Mengenal Lebih Dekat Planetarium Jakarta

Mengenal Lebih Dekat Planetarium Jakarta
Jumat | 2 Juni 2017 | 2:31 WIB

Hallo.id,Jakarta- Planetarium dan Observatorium yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini diprakarsai pembangunannya oleh Presiden Soekarno pada 1964. Kemudian diserahkan ke Pemerintah Provinsi pada 1969 dan saat ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Jakarta. Dalam proses pembangunan, selain didanai pemerintah, Planetarium ini didanai oleh Gabungan Koperasi Batik Indonesia.

Planetarium ini dibangun untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengenal lebih dekat mengenai benda-benda langit. Pastinya kehadiran planetarium ini menjadi angin segar bagi pecinta astronomi, baik yang berada di Jakarta ataupun kota lainnya.

Pertunjukkan pertama Planetarium diadakan pada 1 Maret 1969 dengan menggunakan proyektor universal buatan perusahaan Carl Zeiss, Jerman. Sejak diselenggarakan pertunjukkan pertama, sejarah telah mencatat bahwa Planetarium Jakarta menjadi wahana pertunjukkan astronomi pertama di kawasan Asia Tenggara. Hingga akhirnya tanggal tersebut diperingati sebagai hari ulang tahun Planetarium.

Berjalannya waktu, Planetarium yang seringkali digunakan sebagai media pembelajaran siswa di Jakarta terus mengalami perkembangan dan renovasi. Termasuk didalamnya meningkatkan teknologi peralatan, mengganti proyektor utama yang dikontrol sepenuhnya oleh program komputer.

 

Foto:istimewa

Di sini Anda bisa mengajak keluarga sebagai tempat hiburan dan edukasi yang menyajikan pertunjukkan simulasi perbintangan atau benda langit. Selain menambah pengetahuan, mengunjungi Planetarium sebagai salah satu destinasi wisata bersama keluarga juga akan meningkatkan kebersamaan satu sama lain.


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.