Pelajar Indonesia di Tiongkok Jalin Silaturahmi via Konsep “Djeladjah Hangzou”

picsart_10-19-12-57-11
Rabu | 19 Oktober 2016 | 13.9 WIB

Hallo.id, Hangzhou – Bersilaturahmi sambil belajar. Mungkin itu adalah ekspresi yang tepat untuk menggambarkan kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (15/10) di Kota Hangzhou, Tiongkok.

Kontributor Hallo.id Fadlan Muzakki yang ikut dalam kegiatan tersebut melaporkan kegiatannya langsung dari Tiongkok. Berikut ini adalah tulisannya :

LIHAT JUGA FOTONYA : Begini Serunya Pelajar Indonesia Bersilaturahmi di Guangzhou Tiongkok

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas Pelajar Indonesia di Hangzhou atau lebih yang dikenal sebagai Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok cabang Hangzhou berhasil menarik minat para pelajar Indonesia yang sedang menimba ilmu di kota tempat di selanggarakannya G-20 Summit September lalu.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai ajang silaturahmi dan perkenalan satu sama lain, khususnya bagi mereka para new comers atau freshman students. Namun kegiatan silaturahmi ini lain dari pada biasanya.

Kegiatan silaturahmi dan saling kenal antara pelajar Indonesia ini dikemas dengan kegiatan semacam Amazing Race di sekitar pusat kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang.

Jadi bukan silaturahmi saja yang didapat oleh para peserta, melainkan juga belajar memahami kota sekitar dimana tempat mereka belajar.

Kegiatan ini cukup inovatif dan sangat seru, khususnya bagi para mahasiswa baru yang baru datang ke Negeri Tirai Bambu ini. Berada di negeri orang sebagai perantauan dan penuntut ilmu, pastinya banyak kendala yang dihadapi seperti culture shock, permasalahan Bahasa, gaya hidup dan sebagainya.

Dengan kegiatan ini, maka para pelajar Indonesia dapat kenal satu sama lain, termasuk dengan senior atau para pelajar yang sudah lebih dulu datang ke tempat ini. Sehingga, jika ada kendala yang dihadapi, para senior atau pelajar yang sudah 2 tau 3 tahun tinggal di sini bisa membantu mereka yang baru.

Apresiasi yang tinggi untuk kegiatan Djelajah Hangzhou ini ditandai dengan dukungan Konsulat Jenderal Indonesia Shanghai, sampai-sampai perwakilan Konjen juga datang ke tempat kegiatan untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Menurut saya pribadi, kegiatan yang cukup inspiratif ini perlu dicontoh oleh Pengurus PPI dari wilayah lain di Tiongkok, ketimbang kegiatan party atau Pesta-pesta yang tentu saja itu bukanlah tradisi negara Indonesia.

Ke depan, diharapkan Persatuan Pelajar Indonesia berbagai wilayah di Tiongkok maupun berbagai negara dapat terus produktif dengan kegiatan-kegiatan untuk menjadikan organisasi ini sebagai wadah persatuan para putra dan putri ibu pertiwi yang sedang menuntut ilmu.

Tentunya hal tersebut harus dilaksanakan dengan nilai dan sisi ke-akademisan atau sisi pendidikan. Sehingga tidak hanya produktif dalam hal kegiatan saja, namun juga produktif dalam bidang akademis, seperti menerbitkan jurnal dan buku contohnya, seperti yang dilakukan oleh PPI Inggris, Australia, dan beberapa negara lainnya. (*)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.