by

Peringatan WHO untuk Negara Asia-Pasifik, Pandemi Jauh dari Kata Selesai

Hallo.id, Jakarta – Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa wabah virus corona di wilayah Asia-Pasifik masih jauh dari selesai.

Virus corona jenis baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 pertama kali muncul di Kota Wuhan, Hubei, China, Desember 2019.

Hampir 4 bulan setelah itu, virus corona telah menginfeksi 770.000 orang di seluruh dunia, dengan Amerika Serikat, Italia, dan Spanyol menjadi negara terbanyak yang melaporkan kasus infeksi melewati China.

“Biar saya jelaskan. Epidemi ini masih jauh dari selesai di Asia dan Pasifik. Ini akan menjadi pertempuran jangka panjang,” kata Takeshi Kasai, Direktur WHO untuk wilayah Pasifik Barat, mengutip Reuters, (31/3/2020).

Ia menambahkan bahwa negara-negara dengan sumber daya terbatas merupakan prioritas yang harus mendapatkan bantuan.

Takeshi menuturkan bahwa negara-negara di Kepulauan Pasifik harus mengirim sampel ke negara lain untuk mengetahui hasil tes.

Ia memperingatkan bahwa negara-negara yang melaporkan adanya perlambatan kasus virus corona, tidak boleh lengah, jika tidak kasus virus corona akan kembali meningkat.

Penasihat teknis WHO, Matthew Griffith mengatakan bahwa tidak ada negara yang mana dari virus corona.

“Negara-negara dan wilayah-wilayah di kawasan [Asia-Pasifik] ini telah menunjukkan cara menekan penyebaran virus corona, namun wabah terus bermunculan di tempat-tempat baru dan kasus impor [virus corona] menjadi perhatian,” kata Griffith. (war)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.