by

Pesan Mahfud, Jangan Berpikir Pemerintah Derah dan Pusat Tidak Kompak!

Hallo.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan, pemerintah daerah (pemda) mendapat keleluasaan dalam menangani pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Menurutnya, kebijakan pusat selama ini selaras dengan daerah dalam penanganan Covid-19.

“Pemerintah daerah diberi keleluasaan untuk bergerak di dalam kebijakan itu. Akan tetapi, tetap dengan ritme kekompakan dengan pemerintah pusat seperti yang selama ini,” kata Mahfud, Rabu (1/4/2020).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengingatkan, jangan sampai masyarakat mempunyai pemikiran pemerintah pusat dan daerah tidak kompak saat mengambil keputusan soal penanganan penyebaran virus corona.

“Jangan mencoba berpikir pemerintah daerah dan pemerintah pusat itu tidak kompak, selama ini sudah kompak. Hanya, masyarakat menarasikan secara berbeda-beda saja. Sebenarnya sudah kompak,” ujarnya.

Mahfud memastikan komunikasi antara pemerintah pusat dengan kepala daerah terus berjalan dengan baik. Semua kepala daerah sejalan dengan pemerintah pusat.

“Semua menyatakan ada di dalam satu komando sehingga kita tidak usah terpancing, seakan-akan ada pertentangan antara pusat dan daerah,” katanya.

Ia menambahkan, bagi kepala daerah yang ingin melakukan karantina wilayah, pemerintah pusat telah menyiapkan payung hukumnya. (war)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.