by

Regulasi Membingungkan, Presiden Harus buat Regulasi Holistik Atasi Covid-19

Hallo.id, Jakarta – Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mengimbau Presiden Joko Widodo untuk membuat regulasi yang holistik menyangkut penanganan pandemi virus Corona (Covid-19). Pasalnya, banyak regulasi pusat dan daerah yang membingungkan masyarakat. Untuk itu, perlu ada evaluasi menyeluruh dalam menangani pandemi Covid-19.

“Kami kembali menekankan kepada Presiden segera melakukan evaluasi serius terkait penanganan Covid-19 secara menyeluruh dan terpadu, bila melihat penanganannya saat ini banyak aturan pusat dan daerah yang membingungkan masyarakat, termasuk pelaksana di level bawah,” tegas Dimyati, Rabu (29/4/2020).

Yang dipersoalkan masyarakat, kata politsi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, adalah informasi soal bantuan langsung tunai, bantuan prakerja, bantuan sembako, bantuan pengobatan, dan lain-lain yang kabarnya mudah didapat. Faktanya, sangat sulit diakses. Banyak prasyarat yang harus dimiliki untuk mendapatkan itu semua.

Ditambahkan Dimyati, persoalan besar di lapangan yang akan muncul adalah saling menyalahkan dan saling curiga di tengah masyarakat, baik RT, RW, desa/kelurahan, kecamatan, bahkan saling curiga itu sampai ke perangkat satuan kerja kabupaten/ kota. “Banyak instruksi gubernur sanpai dengan menteri yang membuat aturan berbeda-beda dan terus berubah-ubah, sehingga mengakibatkan tidak sinkron. Ujungnya ada problem baru terhadap keutuhan NKRI,” ujar legislator dapil Banten I ini.

Covid-19 akhirnya tidak saja menginfeksi warga, tapi juga mengakibatkan disintegrasi bangsa. “Alhamdulillah banyak masukan dan kritikan kami diterima Pemerintah dan dijadikan kebijakan yang baik, walaupun agak terlambat. Tapi kami menyambut baik daripada tidak sama sekali. Masukan dan kritikan kami ini murni untuk bangsa dan negara. Kami tidak punya tendensi apapun. Kami benar-benar tulus demi NKRI,” kilahnya. (par)