by

Setelah Idul Fitri, Moda Transportasi Terapkan Protokol New Normal

Hallo.id, Jakarta – Moda transportasi mulai menyiapkan langkah – langkah berkelanjutan dalam keberlangsungan bisnis pada situasi di tengah pandemi Covid-19, yakni mempersiapkan diri untuk penerapan “New Normal Life” atau Hidup Normal Baru.

Dari moda laut, yakni PT Pelayaran Nasional Indonesia/PELNI (Persero), setelah genap dua bulan menjalankan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) bagi pegawai daratnya, dan pemberlakuan skema port stay bergantian bagi kapal-kapal penumpangnya dengan hanya membawa angkutan logistik, saat ini tengah mempersiapkan diri untuk penerapan “New Normal Life”. Hal tersebut dilakukan guna mendukung langkah-langkah strategis Pemerintah dalam menanggulangi pandemik Covid-19 di Indonesia.

“Skenario yang sedang disusun ini ditujukan bagi seluruh karyawan, mitra kerja, dan para pelanggan kapal PELNI dengan meningkatkan penggunaan teknologi dan digitalisasi,” jelas Direktur Utama PT PELNI (Persero), Insan Purwarisya L. Tobing, Selasa (19/5/2020).

Lebih lanjut diungkapkan oleh Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro, bahwa penggunaan teknologi dan digitalisasi di lingkungan Perusahaan akan ditingkatkan guna meminimalisir adanya kontak fisik selama kegiatan kerja berlangsung. Manajemen juga mulai merencanakan flexible working time bagi seluruh karyawan PELNI.

Skenario new normal life diterapkan sebagai tindaklanjut atas surat dari Menteri BUMN No: S-336/MBU/05/2020 Perihal Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara, pada 15 Mei 2020.

“Manajemen kini sedang menyusun strategi serta langkah-langkah yang akan dilakukan pasca lebaran nanti untuk seluruh karyawan, terutama bagi para anak buah kapal sebagai benteng dalam menjalankan kegiatan operasional Perusahaan. Selain itu kami juga menyiapkan protokol dan langkah-langkah demi keamanan para pelanggan kapal,” ungkap Yahya.

Dalam rangka mengantisipasi dampak Covid-19 yang dapat menjadikan Perusahaan mengalami fase new normal life, PELNI melakukan langkah-langkah antisipasi untuk tetap menjaga keberlangsungan bisnis Perusahaan. Maka, melalui Surat Keputusan Direksi, Manajemen telah membentuk tim task force penanganan Covid-19 dalam mengantisipasi fase new normal life di PT PELNI (Persero). (inf)