by

Sholat Idul Adha, Masjid Al-Marzuqiyah Terapkan Protokol Kesehatan

Hallo.id, Jakarta – Pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah bertepatan dengan hari Jumat (31/7/2020), Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar melaksanakan ibadah sholat Idul Adha 1441 Hijriah berjamaah di Masjid Al Marzuqiyah di Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara.

Tampak menyertai Walikota M.Anwar di antaranya Asisten Administrasi dan Kesra Jakarta Timur H Alawi, Camat Jatinegara dan Kasubag Dikmental Jakarta Timur Dwi Busara.

Usai sholat Idul Adha Walikota Muhammad Anwar berziarah ke makam Guru Besar Marzuqi bin Mirshod yang berlokasi dalam lingkungan masjid, dan menyerahkan seekor sapi kurban di halaman masjid yang diterima Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid), Bustomi Marzuqi.

Dalam kesempatan tersebut Walikota M. Anwar memuji protokol kesehatan di masjid Al Marzuqiyah tersebut telah dilaksanakan dengan baik dalam upaya pencegahan menyebarnya covid -19.

“Saya lihat di setiap pintu masuk masjid tersedia tempat pencucian tangan. Ada batas-batas untuk jaga jarak fisik atau physical distancing. Dan juga para jamaah yang hadir di masjid menggunakan masker dengan baik,” puji Walikota M.Anwar.

Diakuinya setiap tahun dirinya selalu ingin shalat bersama warga. Dan ternyata di tempat ini menurut Walikota M.Anwar protokol kesehatannya berjalan dengan baik dan benar. Karena itu diharapkan pula agar pemotongan hewan kurban nantinya dijalankan dengan protokol kesehatan serupa.

“Yakni dengan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,“ ujar Walikota M.Anwar

Ditegaskannya pula agar tidak ada kerumunan warga saat pemotongan hewan. Dan cukup panitia saja yang berada di lokasi pemotongan.

Sementara itu Bustomi Marzuqi, selaku Ketua DKM Masjid Al- Marzuqiyah, menyampaikan terima kasih kepada Walikota Jakarta Timur dan jajaran yang telah menjalankan shalat Idul Adha bersama pengurus Masjid Al-Marzuqiyah dan warga sekitar.

“Alhamdulillah pak Walikota juga memberikan sapi kurban, yang menjadi tambahan hewan kurban di Masjid Al-Marzuqiyah,” ungkapnya.

Dalam acara ramah tamah tampak di tempat tersendiri Kasubbag Dikmental Jakarta Timur Dwi Busara bertemu Mantan Kepala Bazis Jakarta Timur Chairudin Hasan yang juga pengurus masjid Al Marzukiyah sekaligus bernostalgia.

Karena Dwi Busara dan Chairudin Hasan mereka sama- sama pernah menjabat Kepala Bazis Jakarta Timur dari periode yang berurutan di masa lalu.

Perlu diketahui bahwa dari sejarah panjang perjalanan hidup Guru Besar Marzuki dan riwayat berdirinya masjid megah di Cipinang Muara , ternyata tokoh tersebut masih keturunan ulama dari Pattani, provinsi bagian selatan Thailand. (ichsan)