by

Sirkulasi Elite Mandek, Pilkada Depok 2020 Dikuasai Aktor Lama

-Depok-55 views

Hallo.id – Beberapa daerah di Indonesia akan dihadapkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 mendatang, tak terkecuali Kota Depok. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok melangsungkan pendaftaran bagi Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, Jumat (4/9/2020).

Terdapat dua Pasangan Calon (Paslon) yang mendaftarkan diri dan dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai Calon Wali Kota Depok. Tak tampak ada kebaruan, kursi Wali Kota diperebutkan oleh aktor-aktor lama.

Paslon Pradi Supriatna-Afifah Alia (Pradi-Afifah) melakukan deklarasi pencalonan Wali Kota Depok, Kamis (3/9/2030). Paslon tersebut mendaftar di hari pertama KPUD Kota Depok membuka pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, Jumat (4/9/2020).

Pradi yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) saat ini masih menjabat sebagai Wakil dari Mohammad Idris, Wali Kota Depok.

Afifah adalah seorang wirausaha dan Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) di Kota Depok, pada Pilkada 2020 ia diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia pernah mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Mohammad Idris-Imam Budi Hartono (Idris-IBH) melakukan deklarasi pencalonan Wali Kota hari Jumat (4/9/2020) dan mendaftarkan diri pada hari Minggu (6/9/2020). Mohammad Idris merupakan calon petahana, ia menjabat sebagai Walikota Depok periode 2016-2021.

Namun pada saat pencalonan, Idris mengaku telah mengajukan pengunduran diri dan cuti. Rencananya ia akan mulai cuti pada 26 Sepetember-5 Desember 2020, kemudian ia akan melepas status sebagai Wali Kota Depok pada 6 Desember 2020.

Imam Budi Hartanto (IBH) yang diusung sebagai Calon Wali Kota oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat selama tiga periode, sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Depok sebanyak dua periode.

Koalisi Timpang

Jumlah partai politik dalam koalisi pada masing-masing Paslon terlihat timpang. Paslon Pradi-Afifah menggandeng 12 partai politik dengan membentuk Koalisi Depok Bangkit, yang terdiri dari 6 partai pengusul dan 6 partai pendukung.

Partai pengusul yaitu Partai Gerindra, PDIP, Golkar, PKB, PSI dan PAN. Partai pendukungnya terdiri dari Perindo, Nasdem, Hanura, PBB, Garuda dan PKPI.