by

Tegas, Mendagri Larang Kepala Daerah Ngantor Tetap Kerja di Rumah

Hallo.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara tegas melarang seluruh kepala daerah dan anggota DPR tingkat provinsi hingga kabupaten untuk pergi ke kantor. Mereka diminta bekerja dari rumah dengan istilah Work From Home.

Keputusan Mendagri itu bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona agar tidak meluas di seluruh Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran nomor 440/2436/SJ tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah dengan mengacu pada Surat Edaran MenPan-RB No 19/2020 tanggal 16 Maret 2020.

“Seluruh Kepala Daerah, DPRD tingkat Provinsi dan Kabupaten serta Aparatur Sipil Negara (ASN) menyesuaikan sistem kerja dan dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja dari rumah (Work from Home),” kata Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga dalam keterangan resminya, Rabu (18/3/2020).

Lebih lanjut, Kasto menyatakan surat edaran Tito kepada seluruh kepala daerah itu juga mengacu pada pernyataan Presiden Jokowi yang meminta masyarakat mengupayakan bekerja dari rumah.

Meski demikian, Tito mengimbau bagi para kepala daerah bisa memastikan agar fungsi pemerintahan dan pelayanan masyarakat oleh pemerintah daerah tetap berlangsung baik.

“Namun Mendagri Tito mengingatkan agar minimal dua (2) level pejabat struktural tertinggi Pemda tetap masuk kantor. Ini untuk memastikan arahan Presiden agar roda pemerintahan dan fungsi pelayanan publik ke masyarakat tetap berlangsung,” kata dia. (net)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.