by

Tidak Tepat, Menganggap Bogor Sebagai Penyebab Banjir Kiriman ke Jakarta

Hallobogor.com, Jakarta – Bogor seringkali dianggap menjadi penyebab banjir kiriman ke kawasan hilir. Bagaimana Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin merespon anggapan ini?

“Dalam beberapa kasus, mungkin betul tapi tidak selalu tepat. Faktor hujan lokal dengan intensitas yang tinggi juga menjadi penyebabnya,” kata Bupati Ade Yasin via akun instagram pribadinya @ademunawarohyasin, yang ditayangkan Sabtu (28/2/2020).

Dia menjelaskan, di Kabupaten Bogor sendiri saat ini sedang dibangun Bendungan Ciawi dan Sukamahi oleh Kementerian PUPR.

“Bendungan ini akan menahan laju air dari sumbernya di Gunung Gede Pangrango menuju Ibu Kota,” tulisnya.

Bukan itu saja, di Kabupaten Bogor juga akan dibangun juga Bendungan Cibeet dan Cijurey yang akan mengendalikan banjir ke Bekasi dan Karawang

“Saya berharap, upaya pengendalian banjir tidak berhenti dengan pembangunan bendungan-bendungan saja,” katanya.

Ade juga menganggap perlu ada sinergi antara pemimpin daerah tingkat provinsi dan kota/kabupaten yang berkepentingan, juga pemerintah pusat.

“Mengingat akar permasalahannya cukup rumit dan saling berkaitan antara daerah-daerah penyangga ibu kota. Saatnya kita duduk bersama dan berhenti saling menyalahkan,” kata Ade.

Pokok-pokok pikiran itu juga yang disampaikan oleh Ade dalam program acara televisi “Mata Najwa” yang dipandu okeh presenter kritis Najwa Shihab. (bud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.