by

Tips Aman Berkendara Ala Garda Oto di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

HALLO – Adanya pandemi Covid-19 tentunya telah mengubah sebagian besar kebiasaan hidup masyarakat dalam beraktivitas. Mulai dari pergeseran gaya hidup yang lebih mementingkan faktor kesehatan, sampai harus beradaptasi kembali dengan berbagai kegiatan yang sebelumnya biasa dilakukan sehari-hari.

Begitu pula dengan kebiasaan orang saat berkendara yang mengalami adaptasi baru yang disebabkan oleh kondisi pandemi saat ini. Meski disarankan untuk di rumah saja, namun tidak menutup kemungkinan banyak orang yang masih harus melakukan aktivitasnya di luar rumah dengan berkendara seperti untuk bekerja dan berbelanja kebutuhan pokok.

BACA JUGA :  Menparekraf Temui Kapolri, Bahas Kolaborasi Bangkitkan Dunia Parekraf

Melihat situasi tersebut, Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ingin memberikan peace of mind  kepada para pelanggan khususnya dan masyarakat umum tentang kebiasaan baru dalam berkendara di kondisi pandemi seperti saat ini melalui webinar defensive driving  dengan tema “Talks About Defensive Driving After Pandemic: Safe Your Future Now!” dengan narasumber Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) yang diadakan pada acara Car Community Meet Up 2020 pada Sabtu 19 Desember 2020 lalu.

BACA JUGA :  PUPR Usulkan Fasilitas Pembiayaan Perumahan Rp23 Triliun bagi 200.000 Rumah Subsidi

Lewat acara yang dihadiri 270 orang dari 40 komunitas mobil ini, Garda Oto ingin memberikan informasi tentang bagaimana kebiasaan baru untuk tetap aman dalam berkendara saat pandemi maupun kebiasaan berkendara yang akan timbul setelah pandemi ini berakhir.

Menurut survei Cars.com, dari 516 responden survei, yang berlangsung dari 3-6 Juni 2020, 67% mengatakan pandemi telah meningkatkan kebutuhan mereka akan kendaraan pribadi, hal itu dikarenakan mereka menganggap mobil pribadi dianggap lebih aman dari ride sharing.

Hal ini menyebabkan munculnya fenomena weekend driver, atau para pengemudi yang biasanya hanya berkendara di akhir pekan kini menjadi pengendara yang regular (setiap hari). Dan ini berarti para pengendara yang saat ini ada di jalan mempunyai pengalaman berkendara yang tidak sesering pengemudi yang setiap hari berkendara dan melakukan mobilitas jarak menengah dan jauh.

BACA JUGA :  Bappenas Sebut Sejumlah Proyek Prioritas pada 2022, Termasuk 10 Destinasi Wisata

Dari data dan fenomena tersebut berikut beberapa tips yang diberikan oleh Marcell Kurniawan agar pengemudi aman berkendara dengan adaptasi kebiasaan baru: