by

Trigatra, Baqoel, dan Media Akuratnews Gelar Khitanan Masal

HALLO – Kondisi masyarakat yang tengah kesulitan akibat terdampak pandemi Covid-19 seperti sekarang ini membutuhkan bantuan tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari pihak-pihak lainnya.

Apapun bantuan yang diberikan bisa dipastikan akan mengurangi beban masyarakat. Karena selain bahan pokok, kebutuhan-kebutuhan lain juga tak kalah pentingnya.

Berangkat dari panggilan untuk membantu masyarakat, Yayasan Trigatra Matra Nusantara bekerja sama dengan Baqoel serta media online Akuratnews.com menggelar kegiatan sosial dalam bentuk khitanan massal.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) Kelurahan Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur, pada Minggu, 29 November 2020.

Merupakan tantangan tersendiri dalam mengadakan kegiatan ini karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Namun pihak penyelenggara dengan sangat ketat menerapkan protokol kesehatan hingga terlaksana dengan baik sehingga tidak terjadi kerumunan mulai dari awal acara berlangsung hingga selesai.

Setidaknya tercatat sebanyak 50 peserta yang mengikuti khitanan massal ini dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker untuk panitia dan peserta, hand sanitizer, jaga jarak hingga mengatur jumlah peserta turut dilakukan.

“Sebenarnya agak riskan acara khitanan massal itu diselenggarakan di masa pandemi ini. Tapi karena ada dorongan, tuntutan dan permintaan dari masyarakat yang begitu masif, akhirnya yayasan kami menggelar acara ini,” ujar Budi Mulyono, Pembina Yayasan Trigatra Matra Nusantara, disela kegiatan, Minggu 29 November 2020.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Budi, kami tentu mengacu pada protokol kesehatan yang sangat ketat, dan alhamdulillah dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta juga panitia.

“Peserta yang kami sasar untuk mengikuti khitanan massal ini adalah dari masyarakat yang kurang mampu dan terdampak pandemi dengan bekerja sama melalui aparatur setempat. Targetnya 100 (peserta) tapi karena harus mematuhi protokol kesehatan maka yang diizinkan 50 peserta,” tuturnya.

Sementara, Dhian Arinova, CEO Baqoel mengungkapkan bahwa kegiatan ini masuk ke dalam program corporate social responsbility (CSR) perusahaan yang memang kerap diadakan, terlebih lagi selama masa pandemi.

“Kami Baqoel sangat senang, bangga dan bahagia terlibat dalam kegiatan khitanan massal ini karena sangat baik dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Pimpinan Umum PT Akurat Media Nusantara (Akuratnews.com), Ahmad Ahyar, mengatakan bahwa kegiatan khitanan massal yang dilakukan kali ini merupakan salah satu implementasi dari kepedulian Akuratnews.com di bidang kesehatan masyarakat.

“Kegiatan ini sangat membantu terlebih lagi saat ini masih masa pandemi Covid-19, perekonomian masyarakat belum stabil,” terangnya.

“Dengan melaksanakan kegiatan khitanan massal ini, Akuratnews.com berharap mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya di sekitar wilayah Jakarta Timur,” kata Ahyar. (*/bud)