by

Uang Kertas Bisa Tularkan Virus Corona, Ini Penjelasan WHO dan CDC

Hallo.id, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan masyarakat menghindari penggunaan uang kertas, menyusul maraknya penyebaran virus corona atau Covid 19 saat ini.

WHO juga mendorong orang untuk menggunakan opsi pembayaran digital. “Kami tahu bahwa uang sering berpindah tangan dan dapat menyimpan semua jenis bakteri dan virus,” kata seorang perwakilan WHO seperti dikutip dari USA Today.

BACA JUGA :  322 Kasus Baru Positif Covid-19 di Bangkalan Selama 14 Hari, Ini Pemicunya

“Kami akan menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas dan menghindari menyentuh wajah mereka.” tambahnya.

WHO tidak secara eksplisit mengatakan bahwa uang secara spesifik terkait dengan coronavirus, yang juga disebut COVID-19. Namun, agensi itu mengatakan “disarankan untuk menggunakan pembayaran tanpa kontak untuk mengurangi risiko penularan.

BACA JUGA :  Lima Gerai Restoran Cepat Saji McDonald’s Ditutup Pemkot Semarang, Minimal 2 Hari

Sementara cara utama untuk menyebarkan coronavirus adalah melalui batuk dan bersin, virus dapat bertahan hidup di permukaan keras seperti koin selama berhari-hari dalam beberapa kasus. Dolar AS, campuran kain dan kertas, lebih sulit untuk ditempelkan oleh virus.

BACA JUGA :  Strain Baru Hasil Inovasi Riset Kemen KKP, Ini Manfaat dan Keunggulannya Ikan Mas Mustika

Meski begitu, badan kesehatan dunia mengatakan jangan mengambil risiko yang bisa menimbulkan penularan.

Sementara itu, mereka mengklarifikasi rekomendasinya, dan menyebutkan bahwa itu tidak memperingatkan orang untuk menghindari pemakaian uang tunai sama sekali. (kab)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.