by

Ekonomi RI Bakal Turun, Investasi Asing Ogah Masuk Akibat Corona

Hallo.id, Jakarta – Prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia anjlok mulai ramai diperbincangkan oleh para ekonom. Terlebih, ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan dua WNI positif terinfeksi virus corona baru (Covid-19).

Salah seorang ekonom dari Lembaga Riset Ekonomi CORE Indonesia, Piter Abdullah menganalisis anjloknya growth Indonesia dari sisi laju investasi asing di dalam negeri.

BACA JUGA :  Kapolri Intruksikan Seluruh Polda dan Jajarannya Berantas Aksi Premanisme

Katanya, potensi menurunnya ekonomi RI di bawah angka 5 persen mulai terlihat dari investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) dan investasi di sektor keuangan (Financial asset investment) atau biasa disebut investasi portofolio.

BACA JUGA :  322 Kasus Baru Positif Covid-19 di Bangkalan Selama 14 Hari, Ini Pemicunya

“Jadi investasi asing baik dalam bentuk protofolio maupun FDI akan turun,” kata Piter Abdullah, Senin, 9/3/20.

Lebih rinci, Piter Abdullah menjelaskan bahwa turunnya investasi portofolio karena kekhawatiran dari pasar global. Di mana, kecenderungan itu terlihat dari peralihan investasi ke bentuk instrument investasi yang bebas resiko.

BACA JUGA :  Kapolri Intruksikan Seluruh Polda dan Jajarannya Berantas Aksi Premanisme

“Baliknya ke Amerika atau dia investasi dalam bentuk emas. Berarati investasi portofolio kita turun. Itu tergambar di pasar modal kita yang indeks harga saham gabungan turun,” kata Direktur Eksekutif Core Indonesia ini. (kon)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.