by

Waspada Virus Covid bisa bertahan Selama Lebih dari Tujuh Hari di Masker, Begini Cara Sterilisasinya

HALLO – Virus Covid-19 masih mengancam warga dunia tidak terkecuali Indonesia. Sudah banyak diulas mengenai pentingnya penggunaan masker. Ratih Asmara Ningrum ilmuwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan virus corona tipe SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dapat bertahan tujuh hari di bagian dalam masker dan pada bagian luar masker bedah lebih tujuh hari di bagian luar masker bedah.

BACA JUGA :  DPR Minta agar Vaksin Nusantara Karya dr Terawan Diserahkan ke BPOM

Dalam acara diskusi daring soal pengelolaan limbah masker pada pandemi Covid-19 yang disiarkan pada Selasa, 16 Februari 2021, Ratih mengemukakan SARS-CoV-2 punya stabilitas atau ketahanan yang berbeda pada setiap material di mana virus nmenempel.

Menurut Ratih peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, ketahanan virus di masker bedah di bagian dalam tujuh hari dan di bagian luar lebih dari tujuh hari.

BACA JUGA :  Realisasi Belanja Negara sampai dengan 31 Januari 2021 Mencapai Rp145,8 Triliun

Baca Juga: Hasil Uji Laboratorium Bioteknologi Terpadu Unhas Diakui Dunia, Ini yang Bisa Dilakukan

Dijelaskannya masker yang dipakai orang yang terpapar Covid-19 bagian dalamnya pasti bervirus juga masker yang dipakai oleh orang yang tidak terinfeksi bagian luarnya ada kemungkinan ada virus.

BACA JUGA :  Inilah Perpres 14/2021 Tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di media Hallobogor.com dalam artikel “Waspada Virus Covid bisa bertahan Selama Lebih dari Tujuh Hari di Masker, Begini Cara Sterilisasinya