by

WHO Surati Jokowi agar Melakukan Tes Corona Sebanyak Mungkin!

Hallo.id, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengingatkan semua negara agar terus meningkatkan tes virus corona COVID-19. Tujuannya untuk benar-benar mengetahui siapa saja yang terinfeksi sehingga bisa diisolasi untuk memutus rantai penyebaran.

WHO menyarankan agar semua negara lebih banyak melakukan tes atau screening virus corona. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut wabah tak bisa dilawan dengan cara sengaja menutup mata.

BACA JUGA :  Ternyata Bukan di Blitar, Politisi PDI Perjuangan Sebut Tempat Kelahiran Bung Karno di Sini

“Cara paling efektif untuk mencegah infeksi dan menyelamatkan nyawa adalah dengan mematahkan rantai transmisi. Untuk bisa melakukannya ya kamu harus lakukan tes dan isolasi,” kata Tedros dalam rekaman suara yang dibagikan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Kamu tak bisa melawan api dengan mata tertutup. Kita tak bisa menghentikan pandemi ini bila kita tidak tahu siapa saja yang terinfeksi. Pesan kami sederhana untuk semua negara ‘tes, tes, tes,’” pungkasnya seperti dikutip pada Rabu (18/3/2020).

BACA JUGA :  Azis Syamsuddin Diduga Terlibat Dua Perkara, KPK Layangkan Surat Panggilan Kedua

Terkait hal tersebut, Tedros sempat menyurati langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tedros meminta pemerintah Indonesia untuk meningkatkan respons terkait wabah virus corona, termasuk di dalamnya melakukan tes tidak hanya pada orang yang diketahui melakukan kontak dengan kasus positif.

BACA JUGA :  Antisipasi Tsunami Covid-19 Bangkalan, Surabaya Tambah Nakes di Jembatan Suramadu

“Ini termasuk melakukan pengetesan tidak hanya pada kasus-kasus yang memiliki hubungan langsung pada kasus positif, tapi semua pasien yang menderita gejala mirip influenza dan penyakit pernapasan parah lain,” tulis Tedros dalam surat elektronik yang ditujukan ke Istana Merdeka tanggal 10 Maret 2020. (kib)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.